/.SMIT NOTE'S

Lorpem ipsum is not a qoute, keep Learn and Share.

JAVA : Kelas, Komentar, Variabel, Tipe Data, dan Operator

Dec. 2nd 2017 - 4 min read

Gambar ilustrasi.

Kelas 

Kelas merupakan pembungkus program yang merupakan salah satu konsep fundamental pemrograman berorientasi objek. Kelas dapat diilustrasikan sebagai suatu cetak biru (blue print) atau prototipe yang digunakan untuk menciptakan objek. Pada Java, nama kelas sekaligus merepresentasikan nama file kode program dan sifatnya casesensitive. Untuk kelas sendiri penulisaannya dimulai dari class ditambah dengan nama dari kelas serta penggunakan {} tanda kurung dan tutup kurawal untuk menyimpan metode-metode atau variabel dari kelas tersebut. Contoh kelas dapat dilihat pada kode diatas tag komentar 1 pertama.

Komentar

Komentar tidak akan dieksekusi oleh program, komentar ada hanya untuk dibaca oleh penulis kode atau memberi catatan-catatan pada blok program

untuk komentar pada java dituliskan dengan simbol //  atau /* */

sebagai contoh 

//ini komentar

Variabel

Variabel dapat dikatakan sebagai tempat penyimpanan nilai sementara atau default pada program pada java sendiri ada 3 tipe dari variabel yakni Variabel lokal, variabel kelas atau static dan variabel instance atau non-static.

Variabel lokal sendiri merupakan variabel yang dideklarasikan didalam sebuah metode atau fungsi sedangkan variabel instance atau non- static merupakan variabel yang dideklarasikan didalam sebuah kelas namun diluar metode atau fungsi sedangkan variabel static adalah variabel yang dideklarasikan secara statis dan tidak boleh seperti variabel lokal .

Setiap variabel pada java memiliki tipe yang spesifik. Dalam Java, kita harus mendeklarasikan semua varibel sebelum digunakan.  Berikut merupakan bentuk dasar deklarasi variabel :

tipeData namaVariabel;

tipeData namaVariabel = Nilai;

untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada contoh kode diatas pada komentar dengan angka nomor 3.

Tipe Data

Tipe data mengambarkan atau mewakili nilai yang tersimpan pada variabel, pada java sendiri terdapat 2 jenis tipe data yakni Tipe data Primitive dan Non Primitive.

Tipe data Primitive adalah tipe data yang telah terdefinisi(supported) di suatu bahasa pemrograman. Contohnya pada java adalah byte, short, int, long, char, float , double dan boolean. ciri-ciri tipe data ini : tidak terikat pada metode atau tidak memiliki metode, didefinisikan oleh java itu sendiri.

Sedangkan Tipe data Non primitive adalah tipe data yang tidak terdefinisi secara default (supported) oleh suatu bahasa pemrograman melainkan didefinisikan sendiri atau biasannya juga disebut sebagai references object. ciri-ciri tipe data ini : didefinisikan oleh programmer dan boleh terdapat metode yang mengikat

String tidak termasuk dalam tipe data primitive pada java karena string memiliki method sedangkan Salah satu ciri tipe data primitive  adalah tidak memiliki method.

Pada gambar dibawah dapat dilihat antara Tipe data Primitive dan Non-Primitive :

boolean sendiri memiliki nilai false atau 0 (salah) dan True atau 1 (benar). dan nilai defaultnya adalah Flase atau 0.

Char atau Character sendiri memiliki nalai default \u0000 ini cukup menarik mengapa dia memiliki niali demikian, hal ini dikarenakan java menggunakan sistem unicode dan \u0000 merupakan barisan terendah dari sistem unicode.

Byte, Int, Short, Long merupakan tipe data untuk bilangan bulat pada Java, bedanya sendiri merupakan pada rentan atau kapasitas dari angka yang disediakan dimana byte batasnya 8 bits (-128 sampai  127), short 16bits (-32768 sampai 32767), int 32bits (-2147483648 sampai 2147483647) dan long 64bits (-9223372036854775808 sampai 9223372036854775807).

Float dan Double merupakan Tipe data bilangan pecahan perbedaannya sendiri sama seperti bilangan bulat yakni pada ukurannya atau kapasitasnya dimana float 32 bits (-3.4x108 sampai +3.4x108) dan double 64 bits (-1.7x10308 sampai +1.7x10308).

Contoh penggunaan tipe data dapat dilihat pada kode diatas bagian komentar ke 4.

Operator

Operator pada java merupakan simbol yang digunakan untuk melakukan operasi. misalkan operasi tambah(+) kurang (-) dan sebagainya.

Ada banyak tipe operator pada java dan tipe operator tersebut dapat dilihat pada gambar dibawah ini

untuk cara penggunaannya dapat dilihat pada kode program diatas bagian komentar bertada nomor 5

Kode Untuk Praktek
Share :