/.SMIT NOTE'S

Lorpem ipsum is not a qoute, keep Learn and Share.

REST SERVICE dengan Slim Micro Framework - Eloquent ORM

Feb. 9th 2018 - 3 min read

Gambar ilustrasi.

Langkah ketiga setelah instalasi dan pengembangan konsep adalah bagian penyimpanan data nya, untuk penyimpanan data sendiri disini kita akan menggunakan MySql. [more about mysql : Official site, MySql on Wikipedia, MySql on Oracle] FYI : MySql merupakan sebuah implementasi dari sistem manajemen basisdata relasional (RDBMS) yang digunakan untuk menyimpan data dalam tabel terpisah dan struktur databasenya disusun dalam file fisik yang dioptimalkan untuk kecepatan. 

Pada bagian ini kita akan memfokuskan ke topik utama yakni Eloquent, Eqlouent sendiri merupakan ORM (Object relation mapping) yang mana merupakan sebuah teknik pemrograman yang memetakan sebuah objek dengan database. ORM ini akan membantu menjadi ‘jembatan’ antara objek yang didefinisikan dalam kode program dengan database, bagaimana objek itu disimpan, diambil, dihapus dan sebagainya. Jadi dapat dikatakan dengan menggunakan pustaka Eloquent ini dapat membantu kita untuk melakukan aksi-aksi yang diperlukan terkait komunikasi antar objek ketika program dijalankan dengan database seperti menyimpan objek, mengambil data objek dari database kemudian ditampilkan, menghapus objek, mengubah objek dan sebagainya. Anda pasti bertanya Mengapa menggunakan ORM? jawabannya cukup sederhana jika anda menggunakan OOP (object oriented programming) sebagai paradigma pemrograman anda tentu memahami ORM sangat-sangat dianjurkan.

Untuk memulai menggunakan Eloquent pada project slim anda cukup mudah, langkah awal yang harus anda lakukan adalah menambahkan library ini dengan bantuan composer caranya yakni cukup mengetikkan perintah berikut pada terminal anda composer require illuminate/database "~5.5" dan tunggu hingga prosesnya selesai. [sampai saat artikel ini diterbitkan versi dari pustaka ini adalah 5.5.+]

 

langkah selanjutnya adalah menambahkah pengaturan database kedalam file settings.php pada folder config anda, namun sebelum itu buatlah database baru dan tabelnya terlebih dahulu.

databases

update settings.php

tahap selanjutnya adalah mengubah file dependencies.php dan menambahkan beberapa baris kode untuk menggunakan eloquent secara global.

struktur folder

update dependencies.php

langkah selajutnya adalah membuat sebuah file baru dengan nama ModelTableTest.php dan menulis beberapa baris kode sesuai dengan table pada database yang dibuat tadi.

struktur folder

add ModelTableTest.php

setelah rangkaian proses sebelumnya selesai tiba saatnya pada bagian pembuatan fungsi utama yakni CRUD, berdasarkan tujuan awal kita yakni membuat rest service tentu kita tak akan besinggungan dengan tampilan yang user frendly namun cukup dengan format JSON saja. pada langkah ini kita akan membuat fungsi-fungsi utama pada folder controller sebelumnya.

 

struktur folder

update TestController.php

ditutup dengan mengupdate route

Untuk tahap akhir yakni pengujian, untuk pengujian sendiri kita membutuhkan sebuah software tambahan yakni Postman anda dapat mengunduh software ini pada link ini https://www.getpostman.com/. Langsung saja, untuk pengujian pertama adalah menambahkan data dilanjutkan dengan menampilkan data berdasarkan id, menampilkan seluruh data, update data dan terakhir menghapus data : 

Menambah Data

menampilkan data berdasarkan id

menampilkan seluruh data

update data

delete data

Link project : https://github.com/aasumitro/slim-training
Update terbaru dari repository : https://github.com/aasumitro/slim-training/commit/b8b3975aa999a2028e06aaaa73d9b310840e0915

Share :